Minggu, 21 Februari 2010

KIAT-KIAT DALAM LAMARAN PEKERJAAN

KIAT-KIAT DALAM LAMARAN PEKERJAAN
1.Biasanya kita kalo melamar pekerjaan identik dengan sampul berwarna coklat karena sampul warna coklat biasanya lebih sering digunakan dalam melamar pekerjaan. Tapi sekarang coba anda gunakan warna sampul bukan warna coklat untuk memunculkan daya tarik pada perusahaan tersebut. Misalnya saja coba warna sampul anda warna merah atau warna mencolok lainnya agar pihak perusahaan tertarik untuk membaca surat lamaran pekerjaan anda.

2.Lembaran-lembaran surat lamaran seperti curriculum vitae, surat keterangan, photokopi ijazah-ijazah, kartu identitas, foto, transkrip nilai,dan sertifikat-sertifikat lainnya biasanya hanya dibiarkan menjadi lembaran-lembaran terpisah,tapi sekarang coba anda jilid lembaran-lembaran tersebut agar lembaran-lembaran tersebut tidak berceceran saat pihak perusahaan tersebut membacanya.

3.Gunakan bahasa yang menarik,sopan,dan efektif pada tulisan anda.

4.Kemukakan dalam surat lamaran pekerjaan bagaimana cara anda mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dan apa alasan ketertarikan anda pada posisi tersebut dengan alasan-alasan yang bermanfaat, ide cemerlang, dan yakin pihak perusaahaan tersebut memposisikan jabatan tersebut ke anda.


Pengorganisasian Surat Lamaran Pekerjaan
1.Paragraf Pembuka
Awali surat lamaran anda dengan menyebut nama atau sumber publikasi.

2.Paragraf Isi
Perkenalkan diri anda dan tunjukkan bahwa anda mempunyai latar belakang pendidikan yang relevan dengan jenis pekerjaan yang ditawarkan. Nyatakan secara jelas sikap, minat, kualitas, dan aktifitas berbagai pekerjaan, kegiatan yang pernah anda lakukan, terutama yang berhubungan dengan pekerjaan yang anda lamar.

3.Paragraf Penutup
Berikan alamat yang jelas, termasuk nomor telepon, facsimile, dan e-mail yang anda miliki.







CONTOH SURAT LAMARAN PEKERJAAN

Jakarta, 20 Februari 2010

Yth. Manajer Personalia PT Dunlopillo
Jl. Alexindo Raya No. 20
Jakarta Timur

Dengan Hormat
Iklan Bapak di http//:www.job.com pada 19 februari 2010 menarik perhatian saya untuk menduduki posisi Informatic Technic. Oleh karena itu, berdasarkan pendidikan, pengalaman, dan pengetahuan tentang IT, saya mengajukan lamaran kerja.
Saya Fajrya dan berusia 23 tahun, single dan memiliki kesehatan yang prima. Selain pendidikan formal yang saya tempuh di jurusan Tekhnik Informatika Universitas Gunadarma, saya juga mengikuti program seminar software pada lingkungan kampus. Hal ini telah memberikan bekal kepada saya dalam melakukan program-program.
Di samping itu, keterampilan berbahasa inggris yang saya tekuni di Lembaga Bahasa di Jakarta yang akan sangat membantu menyelesaikan tugas-tugas pada perusahaan Bapak.
Saya sangat senang jika Bapak berkenaan mempertimbangkan kualifikasi saya. Panggilan untuk wawancara dengan Bapak, sungguh saya harapkan. Saat ini saya tinggal di Jalan Kebudayaan II/89, Jakarta Timur, kode pos 17133, telepon 02199999254, 0856666666254 atau rya_aja@yahoo.com
Atas perhatian Bapak saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Fajrya













CONTOH CURRICULUM VITAE

FAJRYA
Jalan Kebudayaan II/89 Jakarta Timur – 17133
Telp: 021 99999254, HP: 0856666666254
E-mail: rya_aja@yahoo.com
A. TUJUAN KARIER : Informatic Technic
B. DATA PRIBADI
1. Nama :
2. Tempat dan Tanggal Lahir :
3. Alamat Rumah :
4. Jenis Kelamin :
5. Status :
6. Kesehatan :
7. Tinggi dan Berat Badan :
C. PENDIDIKAN
1. Formal
2. Informal
D. PENGALAMAN KERJA
E. REFERENSI


Jakarta, 20 Februari 2010
Fajrya

Sumber: Buku Cermat Teliti dalam Berbahasa Berfikir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 iiapieblog | Design : Noyod.Com