Sabtu, 27 Februari 2010

Cegah rokok , bebas sakit Buerger!



Ifan baru saja pulang dari kuliah, tetapi dia merasa kedinginan dan jarinya seperti kebiru-biruan. Tentu saja ibunya cemas melihat kondisi anaknya. Dia pikir anaknya itu masuk angin biasa, maka dia kaget ketika diperiksa ke dokter, ternyata Ifan didiagnosa menderita penyakit Buerger.

Dari namanya, penyakit ini memang masih jarang terdengar oleh orang awam. Namun demikian, penyakit ini perlu pula diketahui masyarakat luas. Penyakit Buerger, atau tromboangitis obliterans, ditandai dengan terjadinya radang pembuluh darah arteri, kapiler dan saraf, yang menyebabkan penebalan dinding pembuluh darah. Hal ini disebabkan oleh infiltrasi sel darah putih.

Penyebab penyakit Buerger tidak diketahui, namun karena paling banyak menyerang remaja pria yang merokok, maka penyakit ini diyakini merupakan reaksi terhadap sesuatu yang terkandung dalam rokok atau sebagai akibat dari gangguan genetik atau gangguan otoimunitas.

Gejala awal biasanya adalah warna kebiru-biruan pada jari kaki, jari tangan dan munculnya rasa dingin pada anggota tubuh yang terserang. Karena saraf juga meradang, bisa muncul rasa sakit dan penyumbatan pembuluh darah kecil yang dikendalikan oleh saraf-saraf tersebut. Saraf simpatis yang terlalu aktif juga bisa menyebabkan kaki berkeringat secara berlebihan, meskipun kedinginan. Karena pembuluh darah tersumbat, klaudikasio intermiten dan gejala-gejala lain yang menyerupai penyakit arteri obstruksi kronis tersebut sering muncul. Luka iskemik dan gangren merupakan komplikasi umum penyakit Buerger yang makin parah.

Pengobatan yang paling penting adalah menghentikan kebiasaan merokok; jika ini dilakukan sejak awal munculnya penyakit, yaitu sebelum pembuluh darah dan saraf rusak parah, gejala-gejala ini biasanya mudah diobati. Jika terjadi gangguan sirkulasi atau rasa sakit, maka perlu dilakukan operasi server saraf simpatis yang menyebabkan pembuluh darah kecil tersumbat.

Penelitian-penelitian yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa akupungtur bisa meningkatkan aliran darah pada penyakit Buerger dan fenomena Reynaud. Sebaliknya, tidak ada terapi alternatif yang benar-benar bisa menyembuhkan penyakit ini.
Karena penyakit ini sangat berkaitan dengan kebiasaan merokok, menghentikan kebiasaan ini merupakan langkah pencegahan yang paling efektif.
Penyakit ini paling sering menyerang pria berusia 20 dan 40 tahun yang merokok. Kasus yang terjadi pada wanita hanya kira-kira 5%.

Sumber : tidak diketahui

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 iiapieblog | Design : Noyod.Com