Minggu, 21 Februari 2010

Film I-Robot








IRobot menggambarkan suasana tahun 2035 di kota Chicago, Amerika Serikat.Keberadaan robot yang ditunjukkan dalam film ini dengan meletakkan teknologi sebagai hal yang paling penting di dunia, seakan-akan menunjukkan dengan tidak adanya teknologi maka manusia tidak dapat hidup.
Cerita ini diawali dengan meninggalnya Dr. Alfred Lanning (Crom Well),pencipta robot yang diduga bunuh diri dengan cara terjun dari apartemen . Bersama rekan Dr. Lennin yaitu Dr. Calvin (Bridget Moynahan) , detektif Spooner ( Will Smith ) curiga bahwa kematian Dr. Lanning bukan karena bunuh diri, melainkan dibunuh.Dan ternyata yang dicurigai oleh Sponner adalah robot Sonny. Karena Tidak menyukai model lama robot baru USR NS-5 yang diawasi oleh perusahaan super komputer VIKI (Virtual Interactive Kinetic Intelligence), Spooner percaya bahwa salah satu unit NS-5 yang bebas, eksperimen, dan lebih mirip manusia, Sonny (Tudy K) membunuh Lanning.
Robot Sunny sempat ditangkap dan diinterogasi. selama masa investigasi tersebut, Spooner menemukan beberapa hal dalam hidupnya juga dibuat oleh robot & teknologi USR. Spooner mempelajari bahwa Lanning memberikan Sonny kemampuan untuk menyimpan rahasia melalui mimpi (seperti indra keenam yang dimiliki manusia). Sonny memberitahunya untuk pergi ke suatu tempat, maka ia pun pergi ke tempat dimana Sonny gambarkan dalam mimpinya (Danau Michigan, yang sekarang digunakan sebagai area robot yang tidak digunakan lagi).setelah sponner sampai di tempat tersebut,sponner melihat kejadian perkelahian antara robot VIKI dan robot yg sudah tidak digunakan lagi.Sampai akhirnya robot VIKI berkelahi dengan manusia untuk menghancurkan dunia.
Dan akhirnya Spooner dan Calvin pergi ke perusahaan USR yang dibantu oleh Sonny. mencari Robertson karena menduga bahwa Robertsonlah yang mendalangi semua ini. Namun ketika mereka sampai di ruangannya, Robertson ditemukan sudah tidak bernyawa lagi, bahwa kekacauan yang terjadi bukanlah ulah Robertson melainkan VIKI. VIKI mengontrol NS-5 untuk memimpin pengambilalihan robot global. Dan pada akhirnya dsini Sonny berperan penting dalam menonaktifkan robot VIKI,Sonny mengambil ramuan yang dibuat oleh Dr.Calvin lalu diberikan ke sponner dan di tancapkan di pusat system VIKI. Alhasil robot VIKI dinonaktifkan dan sekarang robot VIKI dapat membantu manusia kembali.
Dalam Film I Robot ini adalah mengkonstruksi kehidupan manusia di tahun 2035 . Manusia dikonstruksi sebagai makhluk yang lebih hebat daripada robot. Namun satu hal yang harus di ingat bahwa teknologi tersebut menjadi alasan untuk manusia berhenti berkarya karena adanya robot dan dapat menghancurkan manusia. Robot memang dibuat lebih tangguh dan pintar dari manusia tapi manusia juga harus lebih tangguh dan pintar dari robot karena manusialah yang membuat robot tersebut. Jangan pernah berhenti untuk mencari ilmu, agar manusia tidak dibodohi oleh teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 iiapieblog | Design : Noyod.Com