Sabtu, 06 Maret 2010

Cara Menghadapi Rasa Cemas




Rasa cemas itu bisa menjadi racun bagi kesehatan mental. Rasa cemas bisa menyebabkan toxic worry, keadaan dimana seorang manusia merasa seperti lumpuh dan tak berdaya. Gimana cara menghadapinya?


"Toxic worry ini menghalangi performance seseorang," kata Edward Hallowell, M.D., penulis Worry: Controlling It and Using It Wisely. "Anda bisa saja cemas berlebihan hanya gara-gara mau kencan. Terus, bukannya memilih busana yang oke, Anda malah nggak jadi pergi sama sekali," katanya memberi contoh.

Teori sang dokter adalah, si cemas yang beracun itu berakar di struktur otak; dan selama krisis, orang yang menderita kecemasan akan merasa berada dalam keadaan yang disebut 'brain burn' (kekacauan temporer yang bikin seseorang susah berpikir jernih).



Toxic worry bisa dihilangkan dengan cara yang sama seperti kita meredakan stres. Selain itu, ada langkah-langkah lain yang bisa dicoba:

1. Jangan mengisolasi diri Anda sendiri
Bila Anda tidak bisa berhenti memikirkan sesuatu yang mencemaskan, cepat telepon teman. Anda akan merasa lebih punya kekuatan bila membaginya.

2. Cari fakta-fakta yang sebenarnya
Banyak kejadian memperlihatkan bahwa kecemasan 'beracun' sering diakibatkan oleh ketiadaan atau kesalahan informasi. > Misalnya, seorang wanita cemas berminggu-minggu karena haidnya tidak datang. Padahal, itu bukan karena hamil, melainkan ia sedang mengalami stres.

3. Buatlah rencana
Seranglah kecemasan itu, ketimbang Anda membiarkan ia menyerang Anda. Misalnya, jika uang yang Anda cemaskan, mintalah nasihat dari financial advisor atau mereka yang lebih berpengalaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 iiapieblog | Design : Noyod.Com